Ini 5 Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari ketika Berbuka Puasa

Konten [Tampil]

Bagaimana cara menghindari kebiasaan makan pada saat menjalankan Ibadah Puasa?

Ini 5 Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari ketika Berbuka Puasa
“Ada beberapa kebiasaan makan yang perlu dihindari saat berbuka puasa, karena efeknya diduga bisa menghilangkan manfaat puasa. Beberapa kebiasaan tersebut seperti makan berlebihan hingga mengonsumsi gorengan.”

Banyak orang yang berpuasa dengan tujuan menurunkan berat badan atau agar lebih sehat. Meski begitu, masih banyak orang yang menjalankan kebiasaan makan yang tidak sejalan dengan tujuannya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui kebiasaan makan yang perlu dihindari saat buka puasa di sini!

Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari ketika Berbuka

Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari ketika Berbuka

Yuk di baca artikel lainnya Tentang : Cara Mencegah Kenaikan Kolesterol Saat Makan Seafood
Benar adanya jika saat menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan dapat memberikan banyak efek yang menyehatkan. Namun, tidak sedikit juga orang yang sangat bernafsu untuk menyantap makanan saat berbuka puasa di Bulan Ramadhan. Dan, Tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan dan bahkan bisa jadi puasa yang dilakukan seharian menjadi sia-sia.
 
    
Bagaimana menghindari kebiasaan makan pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan? itulah hal yang sering terjadi dan tidak diketahui oleh banyak orang
Bagaimana cara menghindari kebiasaan makan pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan?Bagaimana Cara menghindari kebiasaan makan pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan?

Untuk menghindari makanan yang memang harus kita hindari pada saat mau berbuka puasa di bulan Ramadhan itu sangatlah mudah jika kita mau lakukan selama 10 minutes, untuk berpikir lagi bahwa, Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari ketika Berbuka Puasa itu sangat penting


1. Hindari Makan Berlebihan

1. Hindari Makan Berlebihan
Kebiasaan makan yang perlu dihindari saat berbuka puasa yang pertama adalah makan secara berlebihan. Memang wajar tergoda untuk makan lebih banyak santapan lezat saat berbuka. Namun, alangkah baiknya untuk menyiapkan makanan secukupnya dan yang menyehatkan.

Disebutkan jika makan secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Padahal, pola makan yang berlebihan saat perut tidak mendapatkan asupan dalam waktu berjam-jam dapat berbahaya. Perut dapat ‘kaget’ dan berisiko menyebabkan iritasi, peradangan, atau pengikisan selaput lendir pada lambung.

Sebagian ahli menyarankan sebaiknya berbuka puasa dengan kurma. Sebab, kurma mengandung gula alami yang bergizi untuk mengisi energi di dalam tubuh yang dibutuhkan. Makanan ini ampuh untuk atasi sakit kepala selama berpuasa yang mungkin disebabkan oleh gula darah rendah. Konsumsi dua kurma untuk mengembalikan kadar gula di dalam tubuh.



2. Hindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Manis

Hindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Manis
Kebiasaan makan lainnya yang perlu dihindari ketika berbuka adalah terlalu banyak mengonsumsi sesuatu yang manis. Pada dasarnya, kadar gula di dalam tubuh memang menurun saat berpuasa. Mengonsumsi sesuatu yang manis memang dapat mengembalikan kadar gula. Namun, asupan yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan kadar gula melonjak dengan drastis. Dengan begitu, pankreas perlu bekerja keras untuk menghasilkan insulin. Jika kebiasaan ini terus dilakukan selama satu bulan lamanya, tentu pankreas bisa saja alami gangguan yang akhirnya menyebabkan banyak masalah kesehatan.



3. Hindari Makanan dan Minuman dengan Kandungan Gas

Hindari Makanan dan Minuman dengan Kandungan Gas
Kamu juga perlu memastikan untuk menghindari makanan dan minuman yang kaya akan kandungan gas, terutama untuk pengidap sakit maag.

Berbagai makanan yang kaya dengan kandungan gas, seperti sayur sawi, buah nangka, pisang ambon, kedondong, serta buah yang dikeringkan.


4. Hindari Makanan yang Digoreng & Gorengan

Lakukan URL Inspection
Konsumsi gorengan dan makanan yang dibuat dengan cara digoreng juga termasuk dalam kebiasaan makanan yang perlu dihindari. Makanan tersebut mengandung minyak yang sulit dicerna oleh tubuh.

Jika terbiasa melakukan hal ini, bisa jadi kinerja pada saluran pencernaan menjadi terganggu. Maka dari itu, pastikan untuk mengurangi konsumsi makanan ini.



5. Hindari Makanan Junk Food

Hindari Makanan Junk Food
Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang terbiasa mengonsumsi junk food saat berbuka puasa.

Padahal, kebiasaan makan ini yang perlu dihindari saat berbuka puasa. Makanan cepat saji ini tidak dapat menggantikan energi yang hilang saat berbuka.

Bahkan, kebiasaan mengonsumsi makanan ini dapat meningkatkan risiko dari berbagai penyakit.


Ada baiknya mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, jadi tidak perlu makan dalam porsi yang banyak.



Itulah beberapa kebiasaan makan yang perlu dihindari saat berbuka puasa. Lakukan semua hal yang disebutkan sebelumnya agar puasa dapat menyehatkan tubuh. Kebiasaan buruk ini jika terus dilakukan hingga sebulan penuh tentu dapat meningkatkan risiko kesehatan. Hentikan sesegera mungkin!

LihatTutupKomentar